Friday 24 October 2014

Masalah Sosial Di Kalangan Remaja


               Masalah pada kalangan remaja semakin serius dan dapat membahayakan generasi  remaja saat ini. Salah satu contoh perilakunya adalah bergaduh, menyerang, membunuh, membakar sekolah. Perilaku remaja saat ini harus doperhatikan, karena merekalah yang akan meneruskan bangsa.

               Pada masa lalu, kenakalan remaja hanya sebatas bolos sekolah, melawan guru dan merokok, tapi pada saat ini kenakalan remaja semakin parah, mereka melakukan pembunuhan, menonton video porno, berzinah dan sebagainya.

               Banyak pertanyaan yang timbul dalam permasalahan ini,
contohnya, siapakah yang harus disalahkan, siapakah yang akan bertanggung jawab, apa yang perlu dilakukan.
Latar belakang permasalahan ini adalah dasar pendidikan yang telah berubah, tren global yang terus menerus berlangsung.

               Untuk menangani masalah ini, kalangan remaja harus mendapat pengetahuan umum agar dapat mehindari masalah kenakalan remaja. Usaha memberantas gejala sosial pelajar sekolah perlu dibuat secara serius karena ini dapat menyebabkan kerusakan sosial dan menghancurkan kestabilan dan keharmonisan sosial ekonomi negara.  Kesungguhan dalam menangani gejala sosial merupakan satu usaha positif untuk mengawal tingkah laku pelajar.

               Cara menanggulangi masalah ini dapat diutarakan dan dilaksanakan melalui seminar dan diskusi. Faktor faktor  yang mempengaruhi pelajar adalah faktor ekonomi keluarga, sekolah, teman sebaya, media massa, dan modernisasi.

               Faktor yang terdapat di keluarga adalah pendapatan, pendidikan, pekerjaan , tempat tinggal, dan struktur keluarga, termasuk juga kasih sayang, kurangnya komunikasi, perhatian, pengawasan, memberi kebebasan, dan permissive.
                
               Faktor ekologi sekolah antara lain tekanan oleh guru, pembelajaran, rekan rekan dan peraturan. Konflik jiwa, pemberontakan batin dan rasa tidak puas hati pelajar terhadap undang undang dan dasar pendidikan menyebabkan mereka melakukan perkara perkara diluar jangkauan.
              
               Faktor rekan sebaya, meyumbang berlakunya salah laku terutama kepada pelajar pelajar yang tercicir dalam pelajaran dan mengalami masalah keluarga. Rekan sebaya boleh mencorak personaliti individu. Orangtua juga perlu tau dengan siapa anak mereka berteman.

               Faktor media massa, internet mudah mempengaruhi perilaku remaja, karna mengandung unsur negatif jika tidak dengan yang benar, banyak remaja yang terjerumus atau terperangkap dengan seks terutama chatting.

               Faktor modernisasi, proses transformasi dan sosial dalam masyarakat sebagai kesan daripada perindustrian. Masyarakat tradisional menggantikan atau memodernisasi sikap, autoriti, hubungan dan nilai nilai lama kepada nilai baru. Gaya hidup dan tradisi berubah kepada cara hidup modern seiring pertumbuhan remaja, pusat hiburan, taman taman tema.

               Faktor agama, tidak menitik beratkan agama, mengesampingkan agama demi mengejar modernisasi, kekurangan dan kelemahan iman.
              

No comments:

Post a Comment

WAP dan WWW

1.     Wireless Aplication Protocol Wireless Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging...