A. Hardware
Multimedia
Hardware multimedia merupakan alat
pengolah suatu teks, audio, gambar, video atau animasi yang dapat berjalan
secara otomatis dan elektronis. Unsur – unsur perangkat keras multimedia antara
lain unit input, cpu, storage dan unit output.
1.
Unit
input
Unit masukan adalah peranti tempat
untuk memasukkan data dan program yang akan diproses di dalam komputer
multimedia. Contoh yang termasuk unit input :
a. Keyboard
Papan
ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau
memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem
operasi yang dijalankan oleh komputer.
Papan
ketik / keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf,
angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi,
apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi
khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
Ada
berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling
populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak
mesin ketik.
Papan
ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1,
F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu,
papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.
b. Webcam
Webcam
(singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna
keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui
World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah
webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web kadang-kadang
diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di
kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga
Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam
yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam,
bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah
sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui
(biasanya) port USB ataupun port COM.
Cara kerja webcam :
Sebuah
web camera yang sederhana terdiri dari sebuah lensa standar, dipasang di sebuah
papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar; casing (cover), termasuk casing
depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah
lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar;
kabelsupport, yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya
dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel
ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang web camera.
Sebuah web camera biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil
gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval
waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Ada beberapa metode
penyiaran, metode yang paling umum adalah software merubah gambar ke dalam
bentuk file JPEG dan menguploadnya ke web server menggunakan File Transfer
Protocol (FTP).
Frame
rate mengindikasikan jumlah gambar sebuah software dapat ambil dan transfer
dalam satu detik. Untuk streaming video, dibutuhkan minimal 15 frame per second
(fps) atau idealnya 30 fps. Untuk mendapatkan frame rate yang tinggi,
dibutuhkan koneksi internet yang tinggi kecepatannya. Sebuah web camera tidak
harus selalu terhubung dengan komputer, ada web camera yang memiliki software
webcam dan web server bulit-in, sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi
internet. Web camera seperti ini dinamakan “network camera”. Kita juga bisa
menghindari penggunaan kabel dengan menggunakan hubungan radio, koneksi
Ethernet ataupun WiFi
c. Scanner
Pemindai
atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk
maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil
pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai
data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan
cara kerjanya, antara lain:
·
pemindai
gambar
·
pemindai
barcode
·
pemindai
sinar-X
·
pemindai
cek
·
pemindai
logam
·
pemindai
Optical Mark Reader (OMR)
·
pemindai
3 Dimensi
2.
CPU
Unit Pengolah Pusat (UPP) (bahasa
Inggris: CPU, singkatan dari Central Processing Unit), merujuk kepadaperangkat
keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat
lunak dan juga Merupakan pusat kendali sistem komputer
Komponen CPU :
·
Unit
kontrol
·
Register
·
ALU
·
CPU
Interconnections
3.
Unit Output
4.
Printer
5.
Monitor
6.
Ploter
Plotter adalah komputer pencetakan
perangkat untuk mencetak grafis vektor . Di masa lalu, komplotan yang banyak
digunakan dalam aplikasi seperti -dibantu desain komputer , meskipun mereka
umumnya telah diganti dengan format konvensional printer lebar, dan sekarang
biasa untuk merujuk ke printer format lebar seperti “komplotan,” meskipun
mereka secara teknis tidak.
B. Software Multimedia
Merupakan komponen-komponen yang
terdapat di dalam data processing system berupa program-program yang digunakan
untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak
multimedia dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
1.
Bahasa
Pemrograman Multimedia
Merupakan media (bahasa-bahasa) yang
digunakan oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi
(program) dalam multimedia. Menurut tingkatannya bahasa pemrograman multimedia
dibagi menjadi 2, yaitu :
-
Bahasa
Pemrograman Tingkat Rendah (Contoh : Assembly)
Dapat digunakan untuk membuat game
(Nintendo Entertainment System / NES, SEGA, maupun Nemesis)
-
Bahasa
Pemrograman Tingkat Tinggi (Contoh : C, C++, Maupun visual C++)
Contoh lainnya adalah : Delphi, SQL
Windows, Visual Basic, Java, dll
2.
Perangkat Lunak System Multimedia
Terdiri dari sistem operasi dan
program utility. Sistem operasi yang dimaksudkan adalah suatu system yang
terdiri dari komponen-komponen software yang berfungsi untuk mengontrol seluruh
kegiatan di dalam komputer. Beberapa system multimedia yang banyak digunakan,
yaitu sebagai berikut :
-
DOS
(Disk Operating System)
-
Windows
95 / 98 / 2000
-
Windows
NT / XP
-
Linux
3.
Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Merupakan perangkat lunak yang dapat
digunakan untuk mengolah beberapa media maupun informasi seperti teks, image /
gambar, audio grafik, video, dll. Dilihat dari fungsi perangkat lunak
multimedia terdapat banyak sekali jenis dari aplikasi multimedia, untuk lebih
jelasnya dapat dilihat seperti di bawah ini :
·
Media
Player
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk memutar informasi yang
telah disimpan dalam bentuk audio ataupun video. Aplikasi ini merupakan aplikasi
yang dapat dengan langsung untuk memutar file bentuk audio ataupun video
tersebut. Beberapa jenis dari aplikasi media player ini antara lain :
1. Windows Media Player, aplikasi
komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp.
2. Winamp, aplikasi komersial yang
diproduksi oleh Nullsoft Inc.
3. PowerDVD, aplikasi komersial yang
diproduksi oleh Cyberlink.
4. Musicmatch JukeBox, aplikasi
komersial yang diproduksi oleh Musicmatch Inc.
5. Real Player, aplikasi komersial yang
diproduksi oleh Real Network.
·
Audio
/ Video Editor
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk mengedit ataupun
memanipulasi informasi dalam bentuk audio ataupun video. Aplikasi-aplikasi
jenis ini dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi seperti : proses
pemotongan, penggabungan, konversi, maupun manipulasi kualitas. Beberapa jenis
dari aplikasi audio / video editor ini antara lain :
1. Adobe Premiere, aplikasi komersial
yang diproduksi oleh Adobe Systems.
2. Windows Movie Maker, aplikasi
komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp.
3. Pinnacle Studio, aplikasi komersial
yang diproduksi oleh Pinnacle Systems.
·
Graphic
/ Image Viewer
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk melihat sebuah view dari
gambar / image yang telah disimpan pada sebuah direktori. Aplikasi ini dapat digunakan
untuk membaca file gambar yang saat ini telah banyak terdukung seperti : bmp
(windows bitmap), jpeg / jpg (Image Terkompresi), gif (CompServ), png (Portable
Network Graphic), ico (Icons Image), dll. Beberapa jenis dari aplikasi image
viewer ini antara lain :
1. ACDSee, aplikasi komersial yang
diproduksi oleh ACD Systems.
2. Microsoft Picture Manager, aplikasi
komersial yang diproduksi oleh Microsoft Corp.
3. Microsoft Picture and Fax Viewer,
aplikasi komersial yang terdapat pada paket Microsoft Windows.
·
Graphic
/ Image Editor
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk menulis, menggambar,
mengedit ataupun untuk memanipulasi gambar secara interaktif pada sistem
komputer. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan fungsi editing mulai dari
fungsi yang sederhana hingga kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan
oleh image editor, yaitu bitmap image dan vector image. Beberapa jenis dari
aplikasi image editor ini antara lain :
1. Adobe Photoshop, aplikasi komersial
yang diproduksi oleh Adobe Systems.
2. Corel Draw, aplikasi komersial yang
diproduksi oleh Corel Corporation.
3. Paint, aplikasi komersial yang
diproduksi oleh Microsoft Windows.
4. GIMP, aplikasi open source yang
diproduksi oleh GNU General Public License.
·
Animasi
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk membuat, mengedit ataupun
untuk memanipulasi animasi secara interaktif pada sistem komputer. Animasi
adalah gambar bergerak ataupun video dengan konten gambar yang fiktif seperti
kartun dan gambar tidak rill. Beberapa jenis dari aplikasi animasi ini antara
lain :
1. Macromedia Flash, aplikasi komersial
yang diproduksi oleh Macromedia Inc.
2. Houdini Animation Software, aplikasi
komersial yang diproduksi oleh Side Effect Software.
3. Power Animator, aplikasi komersial
yang diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
·
Graphic
3D
Merupakan
jenis dari aplikasi multimedia yang digunakan untuk menmbuat, mengedit ataupun
untuk memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3D. Gambar 3D merupakan
representasi dari sebuah gambar di dalam geometri 3D (x, y, z). Beberapa jenis
dari aplikasi graphic 3D ini antara lain :
1. 3D studio max, aplikasi komersial
yang diproduksi oleh AutoDesk Media & Entertainment.
2. Maya, aplikasi komersial yang
diproduksi oleh Alias Systems Corporation.
3. Blender, aplikasi open source yang
diproduksi oleh GNU General Public License.
Sumber :
-
Adieflink’sBlog.2011.PerangkatKerasMultimedia.http://adieflink.wordpress.com/2011/02/23/perangkat-keras-multimedia/,03
April 2013
-
deadlinechacha’sBlog.2011.PerangkatLunakMultimedia.http://deadlinechacha.wordpress.com/2011/02/22/perangkat-lunak-multimedia/,03
April 2013
No comments:
Post a Comment